Sejarah Desa

Diposkan Oleh : Maifitri Heppi, S.IP | Tanggal : 26 Agustus 2016 08:38:09

Sejarah Nagari Lalang Panjang Inderapura

Dengan lahirnya perda provinsi Sumatera Barat nomor :90 tahun 2011 tentang Surat Keputusan Tentang Pembentukan Nagari Lalang Panjang Inderapura kecamatan Pancung Soal. Nagari Lalang Panjang Inderapura sendiri merupakan 1 ( satu ) dari 10 ( Sepuluh) Nagari yang ada dikecamatan Airpura yang dulunya merupakan Kecamatan Pancung Soal.

Sejalan dengan itu, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan pada awal tahun 2017 menetapkan kembali Nagari Lalang Panjang Inderapura sebagai wilayah  tertinggal dan Administrasi pemerintahan terendah yang memiliki hak otonom dalam mengurus dan menata pemerintahan tingkat bawah sesuai dengan hak-hak tradisional asal usul terbentuknya Nagari tersebut.

Nagari Lalang Panjang Inderapura, Kecamatan Airpura, Kabupaten Pesisir Selatan, Propinsi Sumatera Barat merupakan 1 dari 10 Nagari di kecamatan Airpura yang mempunyai jarak 108 Km dari ibu kota kabupaten. Kecamatan Airpura sendiri merupakan salah satu dari 15 kecamatan di kabupaten Pesisir Selatan yang termasuk kategori nagari miskin. Secara geografis Nagari Lalang Panjang Inderapura sendiri terletak di perbatasan sebelah barat Nagari Damar Lapan Batang, Utara Nagari Muara Inderapura, timur dengan Nagari Inderapura Utara dan selatan berbatasan dengan Nagari Palokan Nagari Lalang Panjang Inderapura letak topografis tanahnya dataran tinggi, dengan lahan sebagian besar dimanfaatkan oleh masyarakat untuk lahan pertanian dan perkebunan sehingga sebagian besar masyarakat Nagari adalah petani.


Komentar untuk artikel ini telah ditutup.